CONTOH SOAL UMPTKIN DAN PEMBAHASAN

soal umptkin

SOAL UM-PTKIN - Halo Hai !!! Gimana nih sehat kan?, Tetap Semangat ya untuk merahi cita-citamu. Kali ini Pitulas atau 7las.com akan membagikan beberapa soal UM-PTKIN namun sangat di sayangkan ini tidak ada Pembahasan nya hanya soal aja. Dan sebelum itu kamu harus tau apa itu UM-PTKIN?.

Apa Itu UM-PTKIN ?

UM-PTKIN Adalah = Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri, yang di agenda kan  secara serentak dan dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. 

UM-PTKIN ini merupakan salah satu jalur masuk PTKIN yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang ada di Indonesia. Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai raport dan prestasi akademik di Sekolah Seperti Jalur SNMPTN, namun tidak lain jalur UM-PTKIN ini merupakan ujian tulis atau tes tulis dengan mengerjakan soal umptkin dan ada juga yang pakek Computer, dan untuk info Pendaftaran nya - Di Website Official UM-PTKIN.

Latihan Soal UM-PTKINN

Nah berhubung kalian akan menjalani Tes UM-PTKIN, maka hendaknya kalian supaya belajar soal dari Pitulas. dan terlebih dahulu Pitulas akan memberi informasi tentang latian soalnya dan Ketentuan-ketentuan mengikuti pendaftaran UM-PTKIN :  Pada ketentuan tahun sebelumnya perkiraan ketentuan mengikuti seleksi pendaftaran UM-PTKIN 2022 Adalah Lulus tahun 2020, 2021 dan 2022 dari Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / Pesantren Muadalah yang setara dan memiliki izin dari Kementerian Agama RI. Lulusan tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah. 

Dan yang lulusan tahun lalu harus mempunyai Surat Keterangan Lulus atau Ijazah dari Kepala Madrasah, Sekolah / Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru dan ditandai stempel Madrasah /Sekolah/ Pesantren. Selain itu, Ijazah/Surat Keterangan Lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian.

Kelompok ujian UM-PTKIN :

Perlu diketahui bahwa Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 yaitu :

- UM-PTKIN Kelompok IPA, dengan materi ujian TKD "Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman dan Kemampuan".

- Kelompok UMPTKIN IPS, dengan materi TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman).

- Dan Klompok UM-PTKIN IPC, dengan materi ujian TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman) dan Kemampuan Campuran IPA dan IPS.

- Dan Yang membedakaan UMPTKIN dengan SMBPTN adalah materi tes pada kelompok TKD. TKD dalam UMPTKIN ada materi bahasa arab dan keislaman.

Ketentuan Kelompok Ujian UM-PTKIN 

Kelompok ujian : akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. 

- Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA.

- atau jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS.

- jika peserta memilih prodi IPA dan IPS diantara semua pilihan maka kelompok peserta adalah IPC. 

NB : Semua kelompok ujian IPA dan IPS / IPC dapat memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia.

JENIS TES UM-PTKIN LJK DAN CBT

Tes UM-PTKIN dapat memilih tipe ujian yang disukai, Ada macam tipe ujian yaitu : 

- Paper Based Test,PBT adalah ujian yang diselenggarakan secara tertulis, dan Soal dan Jawaban disajikan di dalam kertas, Untuk tes ini Peserta wajib membawa pensil 2B pada saat ujian karena tes ini menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

- LALU pada tes Computer Based Test (CBT), adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer dengan jumlah butir soal dan panjang waktu tes yang sama dengan PBT. Perbedaannya terletak pada penyadjian tesnya, baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Tipe ujian CBT hanya ada pada PTKIN tertentu dengan kuota peserta terbatas.

Rekomendasi:

Berikut Ini Beberapa Soal Latihan UM-PTKIN 2019, 2020, 2021, 2022, 2023 (PDF) :
NB : Di Dalam Soal UM-PTKIN ini tidak ada Pembahasan Dan Jawaban nya, hendaklah kalian belajar di YouTube.

Berikut ini Rekomendasi Terkait:
soal um ptkin, soal um ptkin 2021, contoh soal um ptkin, soal umptkin, materi umptkin 2021, materi umptkin, soal umptkin 2021, soal soal um ptkin, latihan soal um ptkin 2021, materi umptkin soshum, contoh soal umptkin soshum dan pembahasan pdf, soal um ptkin dan pembahasannya, contoh soal bahasa arab um ptkin, kumpulan soal umptkin, soal umptkin dan pembahasan pdf, soal um ptkin pdf gratis. 

Penutup :
Dengan demikian semoga apa yang kita share bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang berjuang untuk masa depan kalian, apapun itu tetap ingat!!! jangan lupa ibadahnya, sodakohnya dan doa nya di poll kan, sebab kita yang merencanakan tapi allah yang menentukan. Terima kasih. 

الحمد لله جزاكم الله خيراً

Komentar

Postingan Populer